Senin, 17 Agustus 2015

RPP PAI



RPP AQIDAH AKHLAK

Rpp Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Guru Pamong: Dra. Mardijah Rohmawati


Disusun Oleh:
Danik Noviasari        123 111 096



FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA
2014 / 2015





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP Al-Islam 1 Surakarta
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester            : VII/Ganjil
Materi Pokok              : Akhidah Islamiyah
Alokasi Waktu            : 1 x 40 Menit

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
3.1.Memahami makna dasar dan tujuan aqidah islamiyah serta hubungan     dan perbedaan antara iman, islam,dan ihsan.
      4.1. Menyajikan diagram tentang hubungan iman, islam, dan ihsan dan                         perbedaanya.
C. Indikator
       3.1.1. Menjelaskan pengertian Aqidah Islam
       3.1.2. Menyebutkan dasar-dasar Aqidah Islam
       3.1.3. Menyebutkan tujuan Aqidah Islam
       3.1.4. Menjelaskan pengertian Iman, Islam, dan Ihsan
       3.1.5  Menjelaskan hubungan dan perbedaan antara iman, islam, dan ihsan
       4.1.1 Membuat diagram tentang hubungan iman, islam dan ihsan dan perbedaanya
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Aqidah Islam
2. Siswa dapat menyebutkan dasar-dasar Aqidah Islam
3. Siswa dapat menyebutkan tujuan Aqidah Islam
4. Siswa dapatmenjelaskan pengertian Iman, Islam, dan Ihsan
5. Siswa dapat menjelaskan hubungan dan perbedaan antara iman, islam, dan ihsan
6. Siswa dapat membuat diagram tentang hubungan iman, islam dan ihsan dan perbedaannya

E.            Materi Pembelajaran
A.    Pengertian, Dasar, dan Tujuan Aqidah Islam
1.      Pengertian Aqidah Islam
Menurut bahasa, kata aqidahberasal dari bahasa arab, yaitu:
عَقَدَ- يَعْقِدُ- عُقْدَ ةً- وَعَقِيْدَ ةً

Artinya: adalah ikatan atau perjanjian.
Para ulama memberi pengertian (mendefinisikan) aqidah sebagai berikut:
مَا عَقَدَ عَلَيْهِ الْقَلْبُ وَالضَّمِيْرُ

Artinya: sesuatu yang terikat kepadanya hati dan hati nurani.
      Menurut istilah aqidah adalah suatu pokok atau dasar keyakinan yang harus dipegang oleh orang yang mempercayainya.
Jadi pengertian aqidah islam adalah pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannyaoleh setiap muslim, berdasarkan dalil-dalil naqli dan aqli.


2.      Dasar-dasar Aqidah Islam
Dasar-dasar aqidah islam tidak lain adalah dasar dari ajaran islam itu sendiri, yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist (sunnah Rasul).
Pokok-pokok atau kandungan aqidah islam, antara lain, disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 285 sebagai berikut:
z`tB#uäãAqß§9$#!$yJÎ/tAÌRé&Ïmøs9Î)`ÏB¾ÏmÎn/§tbqãZÏB÷sßJø9$#ur4<@ä.z`tB#uä«!$$Î/¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur¾ÏmÎ7çFä.ur¾Ï&Î#ßâurŸwä-ÌhxÿçRšú÷üt/7ymr&`ÏiB¾Ï&Î#ß4(#qä9$s%ur$uZ÷èÏJy$oY÷èsÛr&ur(y7tR#tøÿäî$oY­/ušøs9Î)ur玍ÅÁyJø9$#ÇËÑÎÈ
"Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan Kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam muslim disebutkan:
“hendaklah engkau beriman kepada Allah, para malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-rasul-Nya, hari akhir dan hendaklah engkau beriman akan Qadar ketentuan baik dan buruk”.(HR. Riwayat Muslim)
3.      Tujuan Aqidah Islam
a.       Memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir.
Manusia adalah makhluk yang berketuhannan. Sejak dilahirkan manusia cenderung mengakui adanya tuhan dengan akhidah islam, naluri manusia akan keyakinan adanya Tuhan dapat berkembang dengan benar.
b.      Memelihara manusia dari kemusyrikan
Dengan mempelajari akhidah islam manusia akan terpelihara dari perbuatan syirik, baik syrik jaly (terang-terangan) berupa perbuatan, maupun syrik khafy (tersembunyi) di dalam hati
c.       Menghindari diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan
Manusia diberi klebihan oleh Allah dari makhluk lainnya berupa akal pikiran. Akal pikiran perlu dibi8mbing oleh akhidah Islam agar manusia terhindar dari kehidupan yang sesat.
B.     Iman, Islam dan Ihsan
1.      Iman
Menurut bahasa iman berarti percaya. Berasal dari bahasa arab:
اَ مَنَ- يُوْمِنُ- اِيْمَانًا
Menurut Istilah
iman adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan memperbuat dengan anggota badan (beramal).
Ajaran islam memang harus diyakini kebenarannya, Allah telah menjamin kebenaran tersebut sebagai mana firmannya:
¨bÎ)šúïÏe$!$#yYÏã«!$#ÞO»n=óM}$#3
Artinya” sesungguhnya agama yang benar disisi Allah hanyalah Al-Islam”. (QS. Ali Imran:19).
           
Tiga tingkatan iman:
a.       Tingkatan mengenal. Pada tingkatan pertama ini seseorang baru mengenal sesuatu yang diimani.
b.      Tingkatan kesadaran. Pada tingkat kedua ini iman seseorang sudah lebih tinggi, karena sesuatu yang diimani disadari oleh alasan-alasan tertentu.
c.       Tingkatan haqqul yaqin.tinggat ini adalah tingkatan iman yang tertinggi seseorang mengimani sesuatu tidak hanya mengetahui dengan alasan-alasan tertentu, tetapi dibarengi dengan ketaatan dan berserah diri kapada Allah.
2.      Islam
Kata islam berasal dari bahasa arab:
اَسْلَمَ- يُسْلِمُ- اِسْلاَمًا

Artinya patuh, tunduk, meyerahkan diri, selamat.
Menurut istilah, islam yaitu agama yang mengajarkan agar manusia berserah diri dan tunduk sepenuhnya kepada Allah. Yang dimaksud dengan Tunduk dan berserah diri kepada Allah disebut Muslim. Seseorang yang betul-beul muslim, hidup dan matinnya hanya semata-mata karena mencari keridhoan Allah. Firman Allah dalam QS. Al-An’am ayat 162:
ö@è%¨bÎ)ÎAŸx|¹Å5Ý¡èSury$uøtxCurÎA$yJtBur¬!Éb>utûüÏHs>»yèø9$#ÇÊÏËÈ
Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

3.      Ihsan
Ihsan adalah berbuat baik. Berasal dari bahasa arab:
احْسَنَ-يُحْسِنُ-اِحْسَانًا
Ihsan menerut istilah adalah berlaku dan mengabdikan diri kepada Allah SWT dengan dilandasi kesadaran dan keikhlasan.
Dalam sebuah Hadist, Rasulullah menerangkan:
Artinya: “bahwa engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihatnya, tetapi jika engkau tidak melihatNya Dia pasti melihat engkau”.
Ihsan ada empat macam yaitu:
a.       Ihsan terhadap Allah, yakni menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala laragannya.
b.      Ihsan terhadap diri sendiri, yakni mengerjakan segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi diri sediri dan menghindari semua perbuatan yang mendatangkan kecelakaan atau kerugian pada diri sendiri.
c.       Ihsan terhadap sesama manusia, yakni berbuat baik kepada saudara berdasarkan keturunan, saudara karna tetangga, kerabat, ataupun seagama.
d.      Ihsan terhadap makhluk lain (alam lingkungannya), yakni berbuat baik atau memelihara alam ligkungan agar tetap lestari dan tidak punah.
4.      Hubungan dan perbedaan antara iman, islam, dan ihsan
Hubungna antara iman, islam, dan ihsan bagaikan segitiga sama sisi, hubungan antara sisi yang satu dengan yang lainnya sangat erat. Jadi, orang yang takwa ibarat segitiga sama sisi, yang sisi-sisinya terdiri dari iman, islam, dan ihsan. Segitiga tersebut tidak akan terbentuk jika kedua sisinya tidak saling mengait.
Perbedaan antara ketiganya adalah, iman lebih menekankan pada keyakinan dalam hati. Islam merupakan sikap untuk berbuat atau beramal, sedangkan ihsan merupakan ukuran tebal tipisnya iman dan islam seseorang.
5.      Rukun iman
Rukun iman ada enam perkara:
1.      Iman kepada Allah
2.      Iman kepada para malaikat
3.      Iman kepada kitab-kitab Allah
4.      Iman kepada Rasul-rasul Allah
5.      Iman kepada hari akhir (kiamat).
6.      Iman Kepada Qadar dan Qadar Allah
Sehubungan dengan rukun iman ini Rasulullah bersabda yang artinya “hendaknya engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-nya, Rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan iman kepada Qadar-Nya yang baik dan buruk. (H.R Abu Daud)

6.      Hal-hal lain yang Harus juga diImani
Beberapa hal yang wajib diimani, yaitu:
a.       Ruhaniyat (spiritual), yaitu berhubungan dengan makhluk ghaib, seperti adanya roh yang terdapat pada jasad manusia, adanya jin dan syaitan.
b.      Ketuhanan, yaitu berhubungan dengan nama, sifat, kudrat ataukekuasaan Allah, misalnya pristiwa Isra’ Mi’raj.
c.       Kenabian/ kerasulan yang menyangkut dengan sifat-sifat dan kesucian para nabi, yaitu tentang orang-orang yang memiliki ketaqwaan yang sangat mndalam di luar kebiasaan manusia pada umumnya. Orang-orang tersebut dinamakan Wali Allah.
d.      Sam’iyat, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan alam ghaib, seperti: alam barza, padang mahsyar, siksakubur, nikmat kubur, tanda-tanda hari kiamat, dan hidup sesudah mati.
F.       Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab.
3.      Every one Is Teacher here
G.      Media, dan Sumber Belajar
            Media: LCD, Power Poin
            Sumber belajar: buku aqidah kelas VII
H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

a.       Pendidikmengawalipembelajarandenganmengucapkansalam

b.      Pendidik memperkenalkan diri kepada peserta didik
c.       Pendidik menanyakan kabar dan mengisi buku presensi
d.      Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1)      Peserta didik mengamati bacaan dan penjelasan terkait dengan materiakhidah islamiyah.
b.   Menanya
1)      Peserta didik memberikan tanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang Akhidah Islam

c.    Mengumpulkan Informasi/Eksperimen
a)      Guru menginstruksikan pada semua peserta didik untuk menirukan bacaan yang dibaca oleh guru (Q.S Al-Baqarah  ayat 285).
b)      Guru membagikan kertas kepada peserta didik lalu meminta peserta didik untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari
c)      Guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk memutar kertas tadi
d.   Mengasosiasi
1)      Peserta didik disuruh untuk membacakan pertanyaan yang ada ditanganya serta memberikan respon atau jawaban.
2)      Peserta didik dan pendidik melakukan koreksi bersama
e.    Komunikasi
1)      Guru menginstruksikan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan kesimpulan tentang akhidah islamiyah

30 menit
3.
Penutup
a.    Guru menyampaikan motivasi kepada peserta didik
b.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
a.     Guru menutup pembelajaran dengan membaca tahmid bersama-sama.

5 Menit

I.       Penilaian Hasil Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema­juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1.      Pencapaian Penilaian Kompetensi Sikap
Instrumen dan rubrik penilaian sikap
Pedoman Observasi sikap spiritual

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek(ü) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengankriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dankadang- kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dansering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta didik   : .............................................
Kelas                                      : .............................................
Tanggal pengamatan : .............................................
Materi pokok             : .............................................

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Rajin dalam mengikuti kegiatan belajar




2
Semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus
Skor perolehan
Nilai   =              x 4 = skor akhir
Skor Maksimal                              
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik            : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                        : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                     : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                    : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

2.      Penilaian Pencapaian Kompetensi Pengetahuan
Jenis              : Test
Bentuk          : Test Tertulis
Instrumen      :
1.      Jelaskan pengertian aqidah islam !
2.      Sebut dan jelaskan tujuan aqidah islam!
3.      Jelaskan pengertian iman menurut istilah!
4.      Jelaskan pengertian islam menurut istilah!
5.      Bagaimana hubungan antara iman, islam, dan ihsan!

Kunci Jawaban:
1.      Aqidah islam adalah pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap muslim, berdasarkan dalil-dalil naqli dan aqli
2.      Tujuan Aqidah Islamiyah
a.       Memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir. Manusia adalah makhluk yang berketuhannan. Sejak dilahirkan manusia cenderung mengakui adanya tuhan dengan akhidah islam, naluri manusia akan keyakinan adanya Tuhan dapat berkembang dengan benar.
b.      Memelihara manusia dari kemusyrikan. Dengan mempelajari akhidah islam manusia akan terpelihara dari perbuatan syirik, baik syrik jaly (terang-terangan) berupa perbuatan, maupun syrik khafy (tersembunyi) di dalam hati
c.       Menghindari diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan Manusia diberi klebihan oleh Allah dari makhluk lainnya berupa akal pikiran. Akal pikiran perlu dibi8mbing oleh akhidah Islam agar manusia terhindar dari kehidupan yang sesat.
3.      iman adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, dan memperbuat dengan anggota badan (beramal).
4.      islam adalah agama yang mengajarkan agar manusia berserah diri dan tunduk sepenuhnya kepada Allah. Yang dimaksud dengan Tunduk dan berserah diri kepada Allah disebut Muslim. Seseorang yang betul-beul muslim, hidup dan matinnya hanya semata-mata karena mencari keridhoan Allah
5.      Hubungan antara iman, islam, dan ihsan bagaikan segitiga sama sisi, hubungan antara sisi yang satu dengan yang lainnya sangat erat. Jadi, orang yang takwa ibarat segitiga sama sisi, yang sisi-sisinya terdiri dari iman, islam, dan ihsan. Segitiga tersebut tidak akan terbentuk jika kedua sisinya tidak saling mengait
Rubrik Penlaian:

No
Rubrik Penilaian
Skor
1
Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian aqidah islam dengan sempurna, skor 4
4
2
jika peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan tujuan aqidah islam dengan sempurna skor 4

4
3
Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian iman menurut istilah dengan sempurna nilai 4
4
4
Jika peserta didik dapat menjelaskan pengertian islam menurut istilah dengan sempurna nilai 4

4
5
Jika peserta didik dapat menjelaskan iman islam dan ihsan secara sempurna nilai 4
4

Jumlah Skor
20

Pedoman Penskoran:
Nilai=
Jumlah Nilai skor yang diperoleh
X 100
        Jumlah skor maksimal

3.         Penilaian Pencapaian Kompetensi keterampilan
Instrumen: siswa membuat diagram hubungan tentang iman, islam, dan ihsan.
Pedoman penskoran : jika diagram dibuat rapi, dan benar, nilai 100
Jika diagram dibuat kurang rapi, tetapi benar, nilai 80
Jika diagram dibuat kurang rapi dan tidak benar, nilai 70



Mengetahui,
Guru Pamong

Dra. Mardijah Rohmawati
NIP. 197001151993032001
Surakarta, 12, Agustus 2015

Praktikan

Danik Noviasari
NIM. 123111096


Tidak ada komentar:

Posting Komentar